Senin, 15 November 2010

siaran pers

Mengirim siaran pers
iara
Untuk menyebutkan kelengkapan berita ,biasanya kalangan Pers menggunakan istilah 5W + 1Hyaitu What,Who,Why,Where,When dan How.
2.Bagaiman cara menulis siaran pers
Metode yang paling mudah mempromosikan diri adalah menulis siaran pers & menyerahkan pada media.
Pada awalnya adalah dengan cara membaca berbagai surat kabar local maupun nasional serta memplajari metode yang di gunakan,
kemudian kita berusaha meniru gaya surat kabar tersebut. Anda juga harus memastikan bahwa siaran pers anda digunakan dan isinya sangat penting demikian pula cara penyajiannya.
3.Aturan.
·         Memilih judul yang positif bukan pasif
·         kata pengantar harus tajam dan ringkas
·         usahakan kalimat dan pareagrafnya pendek.
·         Hindari kata-kata yang berlebihan danpanjang serta istilah khusus dan singkatan
·         Menjawab 5w 1h
·         masukkan semua butir yang penting diawal pers, janganmembuat ikhtisar diakhir
4.Mengirim siaran pers
a.sebelum acara
Siaran pers yang dikirimkan sebelum acara maka bias berlaku sebagai undangan –memberi informasi pada wartawan bahwa sesuatu akan dilangsungkan,tapi harus dipastikan bahwa tidak ada yang akan diterbitkan sampai acara dilangsungkan dengan menggunakan Embargo(permintaan untuk menunda-nunda penerbitan sampai tanggal dan waktu spesifik yang dinyatakan dalam siaran.
b.Sesudah acara dilanngsungkan.
Sebaiknya dibagikan secepat mungkin. Lebih baik lagi pada hari itu juga. Berita harus tetap hangat karena berita kemarin cepat usang.
Dlam perkembangan jurnalistik ditambah lagi satu kaidah yaitu What next (selanjutnya apa…?) dan biasanyapers dalam penyampaian kejadian yang harus segera diketahui oleh pembaca,mka lead atau inti berita pada berita langsung (Straight news) sudah mampu memberikan informasi kepada pembaca,dengan demikian keseluruhan berita tidak harus dibaca.
Oleh karena itu penulisan berita biasanya menggunakan  piramida terbalik.Berita diurai menjad beberapa bagian yaitu ; judul,lead(kepala berita),tubuh beritadan penutup(akhir beritan
Sebaiknya dibagikan secepat mungkin. Lebih baik lagi pada hari itu juga. Berita haris tetap hangat karena berita kemarin cepat using.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar